About

Pages

Minggu, 13 Mei 2012

Tips Keamanan Komputer


Okay gan skrng kita akan membahas mengenai sistem keamanan komputer,dalam sistem operasi Windows ada dua hal yang tidak bis adi pilih kedua-duanya secara maksimal.keamanan komputer vs kenyamanan komputer,dimana dua sisi ini sayangnya berbanding terbalik artinya jika kita memaksimalkan yg satu akan ada resiko kecil bagi yang lain karena jika keamanan komputer maksimal maka di jamin kenyamanan komputer berkurang.perangkat lunak sebetulnya kadang mengorbankan keamanan demi kegunaan,demikian juga sebaliknya dan microsoft tidak terkecuali.
ada banyak sekali user yang mengorbankan keamanan komputer demi kenyamanan komputer terutama pada saat surfing internet,Dimulai dengan pengguna yang tertipu untuk mnjalankan trojan horse,menurunkan default security,seperti dg menonaktifkan Uac(User Account Control) dan lain sebagainya.tapi itu bukan berarti tidak ada hal yang dapat anda lakukan untuk meningkatkan keamanan Windows 7 diluar itu.

saya akan berbagi sedikit tips untuk keamanan komputer anda,tips ini tidak akan mengganggu kenyamanan berkomputer anda namun komputer anda akan tetap aman


  1. Aktifkan Bitlocker
    Biclocker Drive Encryption dapat di gunakan untuk mengenkripsi setiap volome pada har drive,termasuk boot sistem,dan bahkan removable media,seperti usb. Ada beberapa perlindungan termasuk kombinasi dari TPM( Trusted Platform Module ) chi,pin,pasword,dan smart card.anda dapat mengenkripsi removable drive satu per satu atau mengharuskan bahwa semua removable media akan dienkripsi secara default
  2.  Menaikkan UAC slider bar
    User Account Control telah ditingkatkan secara signifikan untuk menjadi kurang intrusif dan lebih cerdas dalam membedakan antara yang legal dan yang berpotensi bahaya di Windows 7. Namun, tergantung pada apakah Anda logon sebagai administrator atau pengguna standar, beberapa orang menginstall Windows 7 mungkin memiliki standar pengaturan keamanan UAC satu tingkat lebih rendah daripada beberapa yang rekomendasikan ataupun sebaliknya. Standar pengguna mengatur keamanan UAC default ke pengaturan yang paling aman, sementara Administrator yang berada setingkat di bawah pengaturan tertinggi, berpotensi lebih berisiko.
    Microsoft menciptakan akses ke UAS jadi lebih mudah untuk memungkinkan administrator dan pengguna untuk menyesuaikan tingkat keamanan UAC.Setelah menginstal semua perangkat lunak dan konfigurasi awal windows 7 seperti yang anda inginkan,tapi di sarankan meningkatkan slider bar UAC ke pengaturan yang paling aman.Tak perlu takut peringatan peringatan yang menjengkelkan karena UAC adalah mode maksimal
  3. PATCH Setiap Waktu
    Pada pengaturan default Windows 7,layanan Windows Update  dikonfigurasi untuk mendownload dan menginstal file update sistem operas dan aplikasi Microsoft pada waktu yang tepat.beberapa studi telah menunjukan bahwa perangkat lunak Microsoft yang paling banyak ditambal di dunia perangkat lunak.Microsoft memungkinkan menginstal perangkat lunak dam memungkinkan proses untuk memastikan bahwa program dapat "ditambal" terutama browser plug-in.hacker jahat dengan cepat pindah ke trempat yg sering di tambal tadi dan mengeksploitasi diam diam pengguna akhir.selalu aktifkan update automatic.
  4. INSTAL SOFTWARE ANTI-SPAM ANTI-MALWARE
    Ancaman terbesar bagi sistem klien ini adalah Trojan horse,Outlook pack palsu,Scanner anti virus palsu,Codec palsu.bahayanya  adalah mereka tidak langsung menyerang Anda tetapi mereka akan menggiring terlebih dahulu dengan bahasa yang menipu lalu mengeksekusi ketika Anda mengklik persetujuan yang diminta. Bahkan teknisi keamanan yang paling berpengetahuanpun bisa tertipu. Dibutuhkan kejelian Anda untuk dapat membedakan antara rayuan dan yang sebenarnya. Anda harus menginstal dan menggunakan software anti-spam dan anti-malware yang up-to-date.
  5. Aktipkan SMARTSCREEN Filter di internet Explorer 8
    ketika anda pertama kali memulai IE8,anda akan di tanya apakah anda ingin mengaktifkan smartScreen filter,yang memeriksa database lokal atau situs Microsoft untuk melihat apakah situsWeb yang anda jelajahi sebelumnya adalah aman atau ada potensi bahaya.
    mungkin ada pengguna yang ingin menonaktifkan pengaturan ini,sementara sebagian besar pengguna harus memastikan itu di aktifkan.jika anda telah menjalankan EI8,cek dengan memilih SmartScreen filter dari menu safety.
  6. MONITORING KOMPUTER ANDA
    Tanpa pembersihan aktif dari sistem anda ,komputer menjadi lebih lambat,lebih rentan terhadap crash,dan penuh dengan serangan tambahan. untuk hal-hal buruk untuk mengekploitasi.


    sekian  tips dari saya,semoga bermanfaat.dan tunggu tips-tips berikutnya dari http://stmiksinankom.blogspot.com/




0 komentar:

Posting Komentar